Destinasi Wisata Populer di Kalimantan Tengah

Dengan luas 153. 564 km2, Provinsi Kalimantan Tengah menaruh kekayaan alam serta budaya yang masih natural. Mulai dari kekayaan hutannya, danau, sampai keelokan tepi laut pasir putih yang memesona.

Kalimantan Tengah memiliki kekayaan alam serta budaya yang sangat luar biasa. Liburan ke mari, Sobat Pesona dapat memandang alam Kalimantan yang masih asri sampai memahami kearifan lokal Suku Dayak Kalimantan. Berikut 5 destinasi wisata alam menarik yang dapat Sobat Pesona jelajahi sepanjang di Kalimantan Tengah.

Halaman Nasional Sebangau

Halaman nasional ini ialah salah satu hutan rawa gambut yang masih tersisa di Pulau Kalimantan. Hutan ini pula diketahui dengan ekosistem spesial air gelap, yang berasal dari bahan- bahan organik yang membusuk di kawasan rawa gambut. Halaman Nasional Sebangau memiliki luas dekat 568. 700 hektar serta jadi rumah untuk dekat 6. 000 orangutan. Tidak hanya orangutan, halaman nasional ini pula jadi habitat 25 tipe mamalia, 116 tipe burung borneo, 36 tipe ikan, serta dekat 166 tipe tanaman.

Sungai Kahayan

Bagaikan salah satu sungai terpanjang di Pulau Kalimantan, Sungai Kahayan memiliki wujud yang lumayan unik sebab mirip teluk yang menjulur ke dalam. Sungai ini memiliki luas 81. 648 kilometer persegi, serta menawarkan panorama alam yang mempesona. Berkunjung ke mari, Sobat Pesona dapat melaksanakan susur sungai dengan perahu serta dapat memandang langsung kehidupan Suku Dayak di tepi Sungai Kahayan.

Danau Tahai

Danau ini terletak di Desa Tahai, Kecamatan Bukit Batu yang menyajikan panorama alam danau kecil dikelilingi oleh hutan gambut. Keistimewaan kawasan wisata ini merupakan terdapatnya jembatan- jembatan kayu yang terbuat mengelilingi zona hutan.

Sobat Pesona dapat menikmati keelokan danau serta hutan tanpa terendam air gambut. Tidak hanya itu, keunikan danau ini merupakan airnya yang bercorak merah, yang berasal dari akar- akar tumbuhan di lahan gambut. Di dekat danau, Sobat Pesona pula dapat memandang rumah lanting ataupun rumah terapung penduduk setempat.

Tepi laut Ujung Pandaran

Tepi laut ini tercantum tipe tepi laut yang landai, serta berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Tepi laut Ujung Pandaran memiliki hamparan pasir putih, dengan butiran yang sangat halus. Sejauh garis tepi laut pula ada rerimbunan tumbuhan, yang menaikkan kecantikan lanskap Tepi laut Ujung Pandaran. Tepi laut yang terletak di Desa Ujung Pandaran, Kabupaten Kotawaringin Timur ini ialah tempat wisata yang menarik untuk Sobat Pesona yang mau melepas penat dari kehidupan tiap hari.

Tanjung Keluang

Tanjung Keluang ialah suatu semenanjung yang terletak di ujung Tepi laut Kubu Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tempat ini tercipta dari hamparan pasir putih bersih dengan laut yang tenang sehingga sangat sesuai buat berenang ataupun bersantai dari banyak aktivitas tiap hari. Mengarah Tanjung Keluang yang terletak di Desa Kubu, Kumai, Kotawaringin Barat ini wajib mengarah Tepi laut Kubu terlebih dulu, baru setelah itu menyeberang dengan klotok wisata dalam waktu 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *