Masjid Kubah Emas, Masjid dengan Kubah Berlapis Emas 24 Karat

ibistrans.com sewa bus pariwisata ke masjid kubah emas

Masjid Kubah Emas yang berlokasi di Depok adalah salah satu Masjid termegah di kawasan Asia Tenggara. Memiliki arsitektur khas Timur Tengah dengan ornamen emas 24 karat yang melapisi kubahnya, dan dengan sendirinya menjadi perbincangan banyak pakar arsitektur di dunia. Didirikan oleh Dian Al Mahri pada tahun 2001 dan diresmikan tanggal 31 Desember 2006.

Masjid Kubah Emas didirikan di atas lahan seluas 50 hektar, dengan kapasitas mencapai 20000 jamaah. Halamannya saja yang ukurannya 45 x 57 meter digadang mampu menampung hingga 8000 jamaah.Apa saja yang membuat masjid ini begitu special dan apa keunikannya, dalam artikel ini kita akan sama-sama menyimak fakta-fakta dari Masjid Kubah Emas.

Yang pertama tentu soal kubah emasnya yang menarik perhatian banyak pengunjung. Sebagai informasi, kubah pada Masjid KUbah Emas dilapisi dengan emas 24 Karat dan memiliki ketebalan 2 – 3 milimeter. Lebih keren lagi, masjid dengan menara berkubah emas hanya ada 8 saja di dunia, dan masjid milik Dian Al Mahri ini adalah salah satunya.

Arsitektur Masjid Kubah Emas sangat filosofis sekali. Sebagai contoh, ada lima kubah pada masjid ini yang tentu menjadi perlambang dari rukun islam. Lebih dari itu, ada enam menara menjulang yang mengelilingi masjid ini, dan ini merupakan perlambang dari rukun iman. Menarik sekali bukan ??

Rupa-rupanya Masjid Kubah Emas pembangunannya terinspirasi dari Taj Mahal. Coba saja anda lihat, setidaknya ada lima kubah di puncak masjid yang terdiri dari kubah kecil dan kubah utama. Khusus untuk kubah utama, ukurannya sangat besar dengan diameter bawah 16 meter, diameter bagian tengah 20 meter, dengan tinggi 25 meter. Sepintas, kubah ini bentuknya tak jauh berbeda dengan kubah di Taj Mahal.

Daya tarik lainnya yang khas dari Masjid Kubah Emas adalah langit-langit masjid yang dihiasai dengan lukisan berbentuk langit dan awan. Seiring pergantian waktu shalat, lukisan ini warnanya akan berubah-ubah. Tentu saja perubahan warna ini terjadi berkat bantuan teknologi modern.

Banyak pengunjung yang datang dari luar kota secara rombongan dengan menggunakan bus pariwisata yang mereka sewa dari kota asal masing masing. Bahkan pada saat saat tertentu banyak pula wisatawan yang datang dari mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *